Platform belanja daring Tokopedia mencatat animo belanja masyarakat Indonesia cenderung meningkat setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun. Di platform e-commerce tersebut, sejumlah kategori produk, seperti Fashion Muslim, Fashion Wanita, Fashion Anak dan Bayi, Otomotif serta Makanan dan Minuman, disebutkan mengalami kenaikan penjualan yang signifikan.
Sedangkan pada platform Shop Tokopedia di aplikasi TikTok, beberapa kategori produk, yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Muslim, serta Fashion Pria, juga mengalami peningkatan transaksi yang sangat tinggi. Ini berdasarkan data 25-31 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
Produk Paling Laris Jelang Lebaran 2024 di Tokopedia Penjualan Fashion Muslim Naik 12,5 Kali Lipat |
|
Kategori |
Produk |
Otomotif | kasur mobil, bantal mobil, oli motor, jaket motor, sensor dan kamera mobil; rata-rata peningkatan transaksi hampir 3,5 kali |
Fashion Wanita | maxi dress, wedges, dress denim, loafers, sepatu heels; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 4 kali |
Makanan dan Minuman | hampers dan parsel kue kering, biskuit dan wafer, paket sembako, puding dan jelly, minyak; rata-rata peningkatan hampir 5 kali |
Fashion Anak dan Bayi
|
pakaian bayi, sandal anak, setelan anak, celana panjang anak, cardigan anak; rata-rata peningkatan transaksi hampir 5 kali |
Fashion Muslim | kaftan, gamis, baju koko, busana muslim keluarga, abaya; rata-rata peningkatan penjualan hampir 12,5 kali |
Produk Paling Laris Jelang Lebaran 2024 di Shop | Tokopedia pada Aplikasi TikTok Penjualan Fashion Pria Naik 7 Kali Lipat |
|
Kategori |
Produk |
Kecantikan dan Perawatan Diri | clay stick mask, body cream, serum, face cream, deodoran |
Elektronik | speaker bluetooth, case handphone, TWS bluetooth, charger, power bank; rata-rata peningkatan penjualan hampir 3 kali |
Fashion Wanita | dress, blus, dan celana; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 4 kali |
Fashion Muslim | tunik, gamis, mukena, abaya; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 6 kali |
Fashion Pria | kaus dan celana; rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 7 kali |
Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, mengatakan, pihaknya melihat masyarakat mulai lebih banyak membeli produk-produk kebutuhan yang berkaitan erat dengan lebaran. Seperti untuk mudik dan berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat melalui Tokopedia maupun Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.
“Guna membantu pelaku usaha meningkatkan penjualan di Ramadan hingga Lebaran 2024, Tokopedia dan TikTok menghadirkan kampanye Ramadan Esktra Seru pada 27 Maret-5 April 2024,” ujar Aditia dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (8/4/2024).
“Lewat kampanye ini pelaku usaha bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus Ramadan Ekstra Seru melalui aplikasi dan website Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” sebutnya.
Selain memberikan panggung kepada pelaku usaha secara online, kata Aditia, Tokopedia dan TikTok juga menghadirkan ‘Festival Ramadan Ekstra Seru’ secara offline di City Hall, Pondok Indah Mall 3 pada 14-17 Maret 2024 lalu.
Festival itu menghadirkan berbagai pilihan produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran, termasuk fesyen dan kecantikan serta masih banyak lagi, dari sederet pelaku usaha lokal ternama khususnya UMKM.
Menurutnya, puluhan pelaku usaha lokal yang berpartisipasi dalam Festival Ramadan Ekstra Seru pun merasakan dampak positif. “Secara keseluruhan, mereka mengalami rata-rata peningkatan transaksi penjualan lebih dari 11 kali lipat,” ujarnya.[]