BerandaEkonomiPemerintah Aceh Dorong Metamorfosa UMKM Menjadi Wirausaha Tangguh

Pemerintah Aceh Dorong Metamorfosa UMKM Menjadi Wirausaha Tangguh

Published on

Pemerintah Aceh terus merupaya mendorong penguatan dan modernisasi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah, agar UMKM mampu bermetamorfosa menjadi wirausaha yang tangguh dan tahan banting.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi dalam sambutannya saat membuka Barsela Expo tahun 2023, di Lapangan Pulau Kayu, Sabtu (20/5/2023) malam.

“Saat ini berbagai inisiatif telah, sedang, dan akan terus dilakukan oleh seluruh jajaran di Pemerintah Aceh. Sebagaimana kita ketahui, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian negeri. Selama ini, terutama di masa pandemi dan pasca pandemi Covid-19, seluruh negara di dunia merasakan imbasnya. Karena itu, berbagai upaya terus kita lakukan untuk penguatan sektor ini agar mampu bermetamorfosa menjadi wirausaha tangguh,” kata Mawardi.

Mawardi optimis, dengan dukungan dari semua pihak, maka kampanye UMKM Naik Kelas, akan berhasil dan mampu menjadi role model bagi UMKM lain, yang dapat terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan dunia usaha yang semakin kompetitif dan terdigitalisasi.

Oleh karena itu, Pemerintah Aceh mengapresiasi langkah Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh yang telah menyelenggarakan Barsela EXPO tahun 2023.

Mawardi menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya merumuskan solusi dalam menghadapi tantangan yang sedang dialami para pelaku UMKM di Barat dan Selatan Aceh khususnya.

“Expo serta berbagai kegiatan terkait lainnya sangat penting dilakukan agar menjadi jembatan bagi pemerintah dan pelaku UMKM serta pemangku kebijakan lainnya, dalam menciptakan pengembangan ekosistem bisnis UMKM yang berkesinambungan,” kata Mawardi.

Untuk itu, Pemerintah Aceh mengajak seluruh pihak terkait, agar terus meningkatkan komitmen dalam memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku UMKM, sehingga mereka dapat terus menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi, sehingga mampu menyasar pangsa pasar yang semakin luas.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan Barsela EXPO yang merupakan sarana efektif untuk mempromosikan dan memasarkan produk unggulan UMKM Aceh khususnya wilayah barat dan selatan Aceh atau Barsela,” kata Mawardi.

Expo Barsela tahun 2023 diikuti oleh delapan Kabupaten dan Kota di wilayah barat dan selatan Aceh, dengan jumlah stan awalnya hanya 60 unit namun akhirnya ada 80 UMKM yang ikut dalam kegiatan ini. Ini menunjukkan begitu besar animo pelaku usaha untuk ikut serta dalam kegiatan Expo ini.

“Kami mengajak kita semua, untuk berkontribusi mendukung pelaku usaha dengan cara membeli produk UMKM Aceh, agar UMKM semakin kuat dan maju, sehingga akan berdampak positif bagi upaya mengurangi angka kemiskinan, menekan laju inflasi, dan meningkatkan penciptaan lapangan pekerjaan. Insya Allah, dengan begitu roda perekenomian Aceh semakin lebih baik,” ujar Mawardi.

“Semoga gelaran Barsela Expo ini menginspirasi wilayah lain, sehingga memberi manfaat bagi kemajuan UMKM. Mari teruskan upaya sinergi, sebagai bagian dari komitmen kita untuk menciptakan iklim usaha kondusif, kita terus bekerja keras dan cerdas bersama-sama mewujudkan UMKM yang maju, mandiri dan berdaya saing,” pungkas Mawardi.

Sementara itu, Penjabat Bupati Abdya Darmansyah, dalam sambutannya sempat mempromosikan baju yang ia kenakan pada pembukaan Barsela Expo malam inji, baju ini merupakan hasil karya pelaku UMKM Abdya.

“Baju yang saya kenakan ini adalah produk UMKM asli Abdya, kualitas dan motifnya bagus. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat yang hadir untuk membeli berbagai produk hasil karya pelaku UMKM, yang dipamerkan pada Barsela Expo ini. Ayo, belanja sebanyak-banyaknya,” imbau Darmansyah. []

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News




Artikel Terbaru

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Aceh PP Mulai 14 Juni

Maskapai Super Air Jet akan membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Aceh pulang pergi (PP) mulai...

Cerita Remaja 18 Tahun di Aceh Gantikan Ayahnya Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Muhammad Syauqi tak pernah membayangkan akan mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah di...

Warga Sumut Meninggal di Subulussalam Tertimpa Pohon Tumbang

Seorang warga Provinsi Sumatra Utara Jumari Limbong (56 tahun) meninggal tertimpa pohon tumbang di...

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2027 dan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia memetik kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0 dalam laga terakhir Grup F...

Gubernur Aceh Sampaikan Rancangan Qanun tentang Pertanggungjawaban APBA 2023

Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)...

More like this

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Aceh PP Mulai 14 Juni

Maskapai Super Air Jet akan membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Aceh pulang pergi (PP) mulai...

Cerita Remaja 18 Tahun di Aceh Gantikan Ayahnya Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Muhammad Syauqi tak pernah membayangkan akan mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah di...

Warga Sumut Meninggal di Subulussalam Tertimpa Pohon Tumbang

Seorang warga Provinsi Sumatra Utara Jumari Limbong (56 tahun) meninggal tertimpa pohon tumbang di...