Minggu, Juni 4, 2023
More
    BerandaNewsPangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Ceramah Ramadan di Masjid Raya Baiturrahman

    Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Ceramah Ramadan di Masjid Raya Baiturrahman

    Published on

    Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, beserta beberapa pejabat Kodam IM melaksanakan ibadah Salat Isya dan Tarawih berjamaah bersama masyarakat Aceh pada malam ke-27 Ramadan 1444 H di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Senin (17/04/23).

    Diterima oleh Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Prof Tgk Azman Ismail dan dilanjutkan Salat Isya berjamaah yang diimami Tgk Miswar Muhammad. Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy lalu menyampaikan ceramah Ramadan di hadapan jamaah Masjid Raya Baiturrahman dengan tema “Memelihara Keutuhan Bangsa”.

    Mengawali ceramahnya, Pangdam IM mengucapkan selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadan tahun 1444 H/2023, semoga puasa kali ini akan mampu menjadikan kita manusia-manusia yang beriman dan bertaqwa sebagaimana janji Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah Ayat 183, yang artinya hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

    “Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari yang ke-26 dan malam yang ke-27 bulan Ramadhan ini kita masih diberi nikmat iman dan nikmat sehat, sehingga mampu melaksanakan ibadah-ibadah wajib dan sunnah selama bulan puasa Ramadan,” kata Pangdam IM.

    Lebih lanjut, Panglima menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kesempatan yang diberikan untuk bersilaturahim dengan jemaah Isya dan Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman sekaligus turut menyampaikan beberapa pesan moral, khususnya yang berkaitan dengan judul ceramah kali ini yaitu “Memelihara Keutuhan Bangsa”.

    “Ibadah puasa yang sedang kita laksanakan ini bertujuan untuk membentuk daya tahan kita menghadapi berbagai tuntutan nafsu, gejolak emosional dan godaan dunia. Dengan terbentuknya daya tahan diri, maka daya tahan keluarga dan daya tahan masyarakat serta bangsa dan negara akan terbentuk menjadi lebih baik lagi,” ujar Mayjen Novi Helmy.

    Pangdam IM menambahkan pada bulan Ramadan ini dapat melahirkan manusia penyebar kedamaian sehingga membawa dampak kehidupan yang selaras, seimbang, saling menghargai dan menghormati serta tidak saling bertikai antara satu dengan lainnya. Puasa harus membawa dampak kehidupan yang damai, karena puasa seseorang tidak dinilai sah apabila dikerjakan dengan dibarengi sifat dan sikap yang tidak damai, semisal menyebarkan fitnah, adu domba, berdusta, dan meneror kedamaian orang lain.

    “Orang-orang yang bertakwa pada hakikatnya adalah manusia-manusia yang memiliki daya tahan terhadap berbagai godaan, pengaruh, perilaku yang tidak baik serta berbagai dosa yang akan merusak kepribadian dan integritas diri. orang-orang Muttaqin pada hakikatnya akan senantiasa menciptakan ketertiban sosial, keadaan aman dan rasa aman di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

    Hal itu sebutnya sesuai dengan Surah Quraisy ayat 3-4, “maka hendaklah mereka menyembahkan pemilik rumah ini (ka’bah) yang telah memberikan makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan”. Dan sesuai juga dengan Sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “seorang muslim adalah saudara muslim yang lainnya, dia tidak boleh menganiaya saudaranya dan tidak membolehkan saudaranya teraniaya (H.R. Muslim),” tutup Pangdam IM.

    Selesai tarawih, acara diakhiri dengan penyerahan bantuan sembako dari Pangdam IM secara simbolis yang diterima oleh Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman.

    Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Ceramah Ramadan di Masjid Raya Baiturrahman
    Pangdam IM Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menyerahkan bantuan sembako secara simbolis yang diterima Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman. Foto: Dok. Kodam IM
    Follow konten ACEHKINI.ID di Google News

    Artikel Terbaru

    In Memoriam: 13 Tahun Wafatnya Pemimpin GAM, Tgk Hasan Tiro

    Puluhan petinggi dan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) berkumpul di kantor Partai Aceh,...

    Kloter Terakhir Jemaah Haji Aceh Diberangkatkan 15 Juni, Langsung ke Makkah

    Sebanyak 4.303 jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam 11 kelompok terbang (kloter) di...

    More like this

    In Memoriam: 13 Tahun Wafatnya Pemimpin GAM, Tgk Hasan Tiro

    Puluhan petinggi dan mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) berkumpul di kantor Partai Aceh,...

    Kloter Terakhir Jemaah Haji Aceh Diberangkatkan 15 Juni, Langsung ke Makkah

    Sebanyak 4.303 jemaah haji asal Aceh yang tergabung dalam 11 kelompok terbang (kloter) di...

    ASEAN Para Games 2023: Indonesia Raih Medali Emas Pertama dari Bulu Tangkis Beregu

    Indonesia meraih medali emas pertama di Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara (ASEAN Para Games)...