Senin, Maret 4, 2024
More
    BerandaNewsKasdam IM Tutup TNI Manunggal Membangun Desa ke-116 di Gampong Jaboi Sabang

    Kasdam IM Tutup TNI Manunggal Membangun Desa ke-116 di Gampong Jaboi Sabang

    Published on

    Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Hadi Basuki menutup secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 wilayah Kodam IM di Gampong Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Kamis (8/6/2023).

    Upacara penutupan tersebut menandai berakhirnya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 yang dilaksanakan serentak pada tiga wilayah Kodam IM di Aceh, yaitu di Kodim 0112/Sabang yang ditutup oleh Kasdam IM Brigjen TNI Hadi Basuki. Sementara di Kodim 0111/Bireuen ditutup Irdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, dan wilayah Kodim 0115/Simeulue oleh Kapoksahli Pangdam IM Brigjen TNI Ruly Chandrayadi.

    Dalam amanat Pangdam Iskandar Muda yang dibacakan Kasdam IM disampaikan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Nonkementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

    TMMD dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan/pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

    Lebih lanjut dalam amanatnya, Pangdam IM menyebutkan selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-116 ini secara resmi dibuka pada 10 Mei 2023 yang lalu, para prajurit TNI, anggota kepolisian, aparat pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna menyelesaikan program TMMD ke-116 ini.

    “TNI Manunggal Membangun Desa bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun nonfisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh pertahanan negara dan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

    Pangdam IM menambahkan, sejalan dengan tema TMMD kali ini, “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing sekaligus mengatasi berbagai masalah dan tantangan yang ada di hadapan kita.

    “Kemajuan teknologi serta tantangan bidang ekonomi dan sosial budaya menuntut partisipasi setiap anak bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya. Hal ini dapat dimulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota. Kita sebagai anak bangsa dan bagian dari masyarakat harus membangun diri dan menunjukkan kontribusi kita dengan saling membantu dan bekerjasama. ingatlah bahwa bangsa kita hanya dapat mencapai kemajuan bila kita saling membantu, bersinergi di segala bidang, serta saling menguatkan mulai dari masyarakat di tingkat bawah,” kata Pangdam IM.

    “Saya selaku penanggung jawab keberhasilan operasi (PKO) TMMD mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan,” tutup Pangdam IM dalam amanat yang dibacakan Kasdam IM.

    Setelah upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun 2023 di Gampong Jaboi tersebut, juga dilaksanakan pembagian sembako dan bantuan nutrisi kepada keluarga dan anak stunting.

    Hadir pada acara tersebut Danrem 012/Teuku Umar, Dandim 0112/Sabang, Forkopimda Sabang, tokoh agama, tokoh masyarakat, para prajurit TNI/Polri dan masyarakat setempat. []

    Follow konten ACEHKINI.ID di Google News


    Artikel Terbaru

    Rekapitulasi Suara di Aceh Tamiang Sempat Ricuh, Ketua Bawaslu Korban Pemukulan

    Hari pertama pelaksanaan rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Aceh Tamiang sempat mengalami kericuhan. Ketua...

    FJL Aceh: Banyak Sampah Plastik Internasional di Pantai Balu, Pulo Aceh

    Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh menemukan banyak sampah plastik dari berbagai negara mencemari pantai...

    Tokoh Partai Aceh Hasanuddin Sabon Meninggal Dunia

    Mantan Bendahara Umum Partai Aceh, Tgk Hasanuddin Sabon (54 tahun) meninggal dunia di Rumah...

    Dandhy Laksono Berkisah di Balik Dirty Vote saat Diskusi di AJI Banda Aceh

    Sutradara dokumenter Dirty Vote, Dandhy Laksono berbagi kisah di balik layar film yang telah...

    APBA 2024 Belum Disetujui DPRA, Gubernur Aceh Terbitkan Pergub

    Anggaran Pendapatan dan Balanja Aceh (APBA) 2024 belum mendapatkan persetujuan bersama dari Pemerintah dan...

    More like this

    Rekapitulasi Suara di Aceh Tamiang Sempat Ricuh, Ketua Bawaslu Korban Pemukulan

    Hari pertama pelaksanaan rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Aceh Tamiang sempat mengalami kericuhan. Ketua...

    FJL Aceh: Banyak Sampah Plastik Internasional di Pantai Balu, Pulo Aceh

    Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh menemukan banyak sampah plastik dari berbagai negara mencemari pantai...

    Tokoh Partai Aceh Hasanuddin Sabon Meninggal Dunia

    Mantan Bendahara Umum Partai Aceh, Tgk Hasanuddin Sabon (54 tahun) meninggal dunia di Rumah...