Sabtu, Mei 18, 2024
More
    BerandaHiburanFilmFilm Jawan: Sarat Pesan Sosial hingga Sukses Menyihir Penonton di India

    Film Jawan: Sarat Pesan Sosial hingga Sukses Menyihir Penonton di India

    Published on

    Setelah sukses besar dengan come backnya dalam film Pathan awal tahun 2023, Shah Rukh Khan kembali menyapa seluruh penontonnya lewat aksi segar dalam film terbaru berjudul Jawan yang baru saja dirilis serentak di India pada tanggal 7 September lalu. Film ini juga dialih bahasakan dalam Tamil dan Telugu. Beberapa potongan dalam versi Tamil bahkan diedit terpisah dan sedikit berbeda dengan versi lainnya.

    Film ini menimbulkan banyak kehebohan dari para penonton bioskop, mereka berdandan seperti tokoh anak muda, berjoget memakai topeng hingga konvoi di jalan. Suasana hari pertama perlisan film layaknya festival di berbagai tempat. Jawan juga mencatat beberapa rekor tersendiri, termasuk film India pertama yang tayang di bioskop terbesar dunia, IMAX Leonberg, Jerman.

    Trailernya juga tayang di manara Burj Khalifa Dubai, UEA. Meraih sukses besar baik di India maupun pemutaran di luar India. Bahkan jika mengetik Jawan di Google, penggemar akan menemukan ilustrasi bergerak seperti tampilan sang tokoh utama.

    India sendiri memilki beberapa industri perfilman, Bollywood misalnya adalah pusat perfilman berbasis Bahasa Hindi dan berpusat di Mumbai, selain itu juga ada Tollywood atau industri perfilman berbahasa Telugu yang berpusat di Telangana dan Andhra Pardesh, Kollywood yang menggunakan Bahasa Tamil dan berasal dari Chennai di Tamil Nadu. Serta juga ada produksi lainnya seperti Malayalam, Kannada, Marathi, Bengali dan lainnya.

    Sekuel film Jawan
    Sekuel film Jawan. Foto: dok. IMDb

    Film-film yang dirilis serentak di India setelah dubbing ke dalam berbagai bahasa biasanya disebut Pan Indian Cinema atau Presence Across Nation. Istilah mulai digunakan di industri perfilman India setelah kesuksesan Baahubali: The Beginning pada tahun 2015. Baahubali adalah film Tollywood yang diproduksi dalam dua Bahasa Telegu dan Tamil.

    Kembali ke Jawan, film ini sendiri diproduksi dalam Bahasa Hindi dengan Bintang utama King Khan, Nayanthara, Vijay Sethupathi dan Deepika Padukone dalam penampilan spesial. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Atlee Kumar. Jawan adalah debut pertamanya di Bollywood. Setelah sebelumnya, nama Atlee cukup besar di Kollywood setelah sukses dengan film Raja Rani (2013), Mersal (2017) hingga Bigil (2019).

    Sama halnya dengan Nayanthara dan Vijay Sethupathi yang sukses tampil memikat dalam debut Bollywood kali ini. Walaupun mereka sudah menerima cukup banyak penghargaan dan tampil dalam banyak film, namun kali ini pertama kalinya tampil sebagai pemeran utama dalam film Hindi.

    Jawan (Tentara) bercerita tentang balas dendam dalam rangka menegakkan kebenaran dengan epik yang dilakukan oleh mantan tentara yang difitnah dan kehilangan keluarganya. Shah Rukh Khan dalam film ini memerankan dua peran sekaligus serta tampil dalam enam gaya yang berbeda. Para penggemar tentu saja sudah menanti-nanti film ini dan aksi barunya.

    Azad adalah seorang pengawas penjara Wanita di Mumbai, Ia membuat grup yang beranggotakan 6 perempuan yaitu Lakshmi, Eeram, Ishkra, Kalki, Helena dan Janhvi. Suatu hari mereka memutuskan untuk membajak Mumbai Metro dan melakukan negosiasi dengan petugas National Security Guard (NSG) Narmada Rai untuk meminta tebusan 40.000 crores rupee sebagai ganti nyawa para penumpang. Kaliee Gaikwad seorang pedagang senjata lintas negara mengetahui bahwa putrinya Alia, juga termasuk salah satu sandera setuju membayar.

    Saat Alia menanyakan apa yang menjadi motif pembajakan tersebut, Azad mengungkapkan rencana mereka untuk menyumbang uang guna pelunasan pinjaman petani miskin di negara tersebut. Setelah mendapatkan uang, Azad dan komplotannya melarikan diri. Tak lupa Ia memperkenalkan namanya sebagai Vikram Rathore kepada Kaliee melalui anaknya. Nama itu tentu saja membuka masa lalu yang lebih mencengangkan. Ini hanya permulaan masih banyak aksi spektakuler lainnya.

    Musik score yang menambah bumbu setiap adegan, pengunaan special effect yang efektif dan pemilihan color grade yang sempurna memuat film ini menjadi salah satu tontonan yang tidak boleh dilewatkan tahun ini. Tentu saja dengan berbagai kritik sosial terhadap isu kemanusiaan di India seperti kasus para petani yang bunuh diri, sistem kesehatan yang buruk. Pesan penting buat India yang akan segera mengelar pemilihan umum tahun depan. Film ini memberikan pesan bahwa tidak penting memilih karena dasar agama atau kasta namun apa yang bisa diberikan kandidat terhadap masa depan pemilihnya.

    Gaya penyutradaraan Atlee yang berciri khas India Selatan, penuh keributan, aksi, pesan sosial dan cepat, membuat penonton siap menahan nafas. Shah Rukh Khan tentu saja tampil dengan pesonanya membuka scene. Jawan adalah film yang penuh teka-teki dan plot twist tak terduga dan penonton diajak menyusunnya.

    Bagaimana siap menonton film India terlaris saat ini, Ready…? []

    Follow konten ACEHKINI.ID di Google News




    Artikel Terbaru

    Ini 22 Pemain Timnas yang Dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia Lawan Irak dan Filipina

    Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 22 pemain untuk laga melawan Irak dan Filipina...

    Jemaah Haji Lansia Aceh Akan Duduk di Kelas Bisnis saat Terbang ke Tanah Suci

    Jemaah haji Aceh yang tergolong lanjut usia (lansia) pada musim haji 1445 Hijriah/2024 dipastikan...

    Gubernur Aceh Terima Kunjungan Kepala Puslatbang KHAN LAN RI

    Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah menerima kunjungan Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Hukum...

    Jubir Partai Aceh: Armia Fahmi Akan Aktif sebagai Kader setelah Pensiun

    Armia Fahmi yang saat ini menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Aceh telah mendaftar ke...

    Lhoknga Kekurangan Air Bersih, Bupati Aceh Besar Tinjau Langsung

    Sejumlah gampong di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar kekurangan air bersih akibat kemarau. Penjabat (Pj)...

    More like this

    Ini 22 Pemain Timnas yang Dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia Lawan Irak dan Filipina

    Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 22 pemain untuk laga melawan Irak dan Filipina...

    Jemaah Haji Lansia Aceh Akan Duduk di Kelas Bisnis saat Terbang ke Tanah Suci

    Jemaah haji Aceh yang tergolong lanjut usia (lansia) pada musim haji 1445 Hijriah/2024 dipastikan...

    Gubernur Aceh Terima Kunjungan Kepala Puslatbang KHAN LAN RI

    Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah menerima kunjungan Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Hukum...