BerandaGaya HidupCerita Mahasiswi UIN Ar-Raniry Ikut International Youth Exchange and Conference di Tiga...

Cerita Mahasiswi UIN Ar-Raniry Ikut International Youth Exchange and Conference di Tiga Negara

Published on

Zam Zam Khalila, seorang mahasiswi Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, terpilih sebagai delegasi International Youth Exchange and Conference (IYEC) #7. Kegiatan bertema “Empowering Youth for Global Impact” diselenggarakan oleh Indonesian Youth Action di tiga negara, yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura pada 23-31 Mei 2024 lalu.

Khalila, putri ketiga dari pasangan Abdul Jalil dan Suaibah, kelahiran 2023 di Suka Mulia Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang, telah mengukir sejumlah prestasi, sehingga membuatnya memiliki banyak kesempatan mengikuti berbagai event baik nasional maupun internasional.

Perempuan yang akrab disapa Lila itu pernah menjabat Bendahara Umum Senat Mahasiswa UIN Ar-Raniry 2023/2024, Ketua Kohati HMI Komisariat FISIP UIN Ar-Raniry 2023/2024, dan juga aktif di beberapa lembaga lainnya.

Selain itu, Zam Zam Khalila juga memiliki pengalaman bidang duta dan pageant, antara lain sebagai Duta FISIP UIN Ar-Raniry 2021, Wakil 1 Duta Gender UIN Ar-Raniry 2022, Duta Wisata Kabupaten Aceh Tamiang 2023, Putri Budaya Aceh 2023, dan Putri Budaya Indonesia Ekonomi Kreatif 2023, sehingga membuatnya banyak dikenal di kalangan pemuda Aceh, khususnya mahasiswa UIN Ar-Raniry.

“Sejak kecil saya sudah aktif mengikuti mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan, menginjak usia delapan tahun sudah menggeluti seni bicara dan berturut-turut menjadi juara lomba Pidato atau Pildacil (Pemilihan Dai Cilik) pada Kegiatan Festival Anak Shaleh,” ujarnya, Selasa (2/7/2024).

Selain prestasi tingkat daerah, segudang prestasi tingkat nasional juga pernah diraihnya, antara lain penghargaan Terbaik II Dai Mahasiswa OASE PTKIN se-Indonesia 2021, Terbaik 1 DIKLATPIMNAS III PTKI/N se-Indonesia 2022, Terbaik 1 LKMM Tingkat Nasional 2022, Awardee 100 Pemuda Terbaik Program Bawa Ide 2023, dan Putri Budaya Indonesia Ekonomi Kreatif 2023.

Di kancah internasional, Zam Zam Khalila juga telah beberapa kali mengikuti kegiatan, salah satunya adalah International Conference and AMAN (The Asian Muslim Action Network) Assembly 2023. Dari berbagai prestasi tersebut, mengantarkannya meraih Anugerah Penghargaan Mahasiswa Berprestasi UIN Ar-Raniry.

Berkat segudang pengalaman pengabdian, prestasi yang telah diraihnya serta ketertarikannya terhadap Sustainable Development Goals (SDGs), Lila berhasil lolos dan terpilih sebagai delegasi International Youth Exchange and Conference (IYEC) yang diselenggarakan oleh Indonesian Youth Action.

Khalila mengatakan, kegiatan International Youth Exchange and Conference (IYEC) bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan berkelanjutan (SDGs), memperkenalkan beragam budaya nusantara kepada dunia, mengembangkan jiwa kepemimpinan dan inovasi pemuda Indonesia dalam beradaptasi dengan budaya asing, serta sebagai ruang refleksi dan proyeksi peradaban bangsa Indonesia.

Selain itu, IYEC #7 Chapter Singapura, Malaysia, dan Thailand juga menjadi wadah pengembangan soft skill dalam menghadapi disrupsi dunia kepemudaan yang semakin kompleks.

“Pastinya sangat bersyukur dan senang sekali dapat terpilih sebagai salah satu peserta dalam kegiatan International Youth Exchange and Conference ini. Di sini, saya bertemu dengan pemuda terbaik dari seluruh penjuru Indonesia, berbagi ide serta gagasan dalam implementasi SDGs, dan tentunya mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa selama di tiga negara ini. Saya juga dapat memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara,” kata Lila.

Khalila berharap, kegiatan pertukaran pemuda ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri, lingkungan sekitar, serta menjadi motivasi bagi dirinya maupun pemuda lain untuk memberikan kontribusi terbaik, khususnya bagi daerah masing-masing, dan Indonesia pada umumnya.

“Alhamdulillah, setelah kami mengikuti rangkaian kegiatan tersebut para peserta mendapat ilmu dan pengalaman baru selama conference, Visit Embassy, Campus Visit, Student Forum Discussion dan Cultural Exploration,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa telah mempersiapkan beberapa program yang akan dikembangkan di lingkungannya, yakni bagaimana mengimplementasikan salah satu tujuan dari SDGs, yaitu Quality Education atau Pendidikan Berkualitas.

“Kami telah merancang beberapa program, di antaranya dengan memberikan konten pembelajaran di sosial media, dengan cara yang asyik dan menyenangkan, mengadakan sharing session yang dapat memberikan motivasi terhadap rekan mahasiswa,” ujar Lila.[]

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News



Artikel Terbaru

Pj Sekda Azwardi Serahkan Piala Juara Umum POPDA XVII untuk Kota Banda Aceh

Kontingen Kota Banda Aceh keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Aceh...

Kakanwil Kemenag Aceh: Asuransi Jiwa Ditransfer Langsung ke Rekening Jemaah Haji

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Azhari, mengatakan bahwa klaim asuransi jiwa...

Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Tanah Suci Bertambah Lagi Jadi 13 Orang

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Seorang jemaah haji asal Aceh kembali dilaporkan meninggal dunia...

Pengemis di Aceh Curi Tas Berisi Rp16,9 Juta, Uang Dipakai untuk Bayar Utang

Pengemis di Aceh berinisial EL (43 tahun) diduga mencuri tas berisi Rp16,9 juta. Uang...

Ratusan Jemaah Haji Kloter Dua Aceh Tiba di Tanah Air

Sebanyak 388 jemaah haji Aceh yang tergabung kelompok terbang (kloter) kedua tiba dengan selamat...

More like this

Pj Sekda Azwardi Serahkan Piala Juara Umum POPDA XVII untuk Kota Banda Aceh

Kontingen Kota Banda Aceh keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Aceh...

Kakanwil Kemenag Aceh: Asuransi Jiwa Ditransfer Langsung ke Rekening Jemaah Haji

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Azhari, mengatakan bahwa klaim asuransi jiwa...

Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Tanah Suci Bertambah Lagi Jadi 13 Orang

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Seorang jemaah haji asal Aceh kembali dilaporkan meninggal dunia...