Senin, Maret 4, 2024
More
    BerandaNewsAceh Pilih Kaki Gunung Seulawah untuk Kegiatan Menanam Pohon Serentak Indonesia

    Aceh Pilih Kaki Gunung Seulawah untuk Kegiatan Menanam Pohon Serentak Indonesia

    Published on

    Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, kawasan Saree di kaki Gunung Seulawah, Aceh Besar  menjadi lokasi yang dipilih oleh Pemerintah Aceh dalam aksi Gerakan Menanam Pohon Serentak Seluruh Indonesia, Ahad (14/1/2023).

    Kegiatan dihadiri Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar AP, bersama Pj Wali Kota Lhokseumawe A Hanan dan Plh Kepala Dinas Kehutanan Aceh M Daud mendampingi Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup RI Ilyas A Saad.

    Saat membacakan sambutan Menteri LHK RI, Ilyas mengungkapkan, kegiatan ini merupakan lanjutan penanaman yang telah dilaksanakan pada 30 Desember 2023, sekaligus melanjutkan arahan Presiden Joko Widodo, untuk terus melakukan penanaman di sepanjang musim penghujan 2023/2024.

    “Kementerian LHK juga mengagendakan penanaman lanjutan pada Februari, Maret dan April 2024, di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan langkah nyata untuk terus melakukan penanaman pohon bersama seluruh elemen masyarakat, di seluruh Indonesia di sepanjang musim penghujan,” ujar Ilyas.

    Ilyas menjelaskan, di lokasi utama penanaman bersama yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, juga akan dilakukan penataan Sungai Cidurian, yang dilakukan dengan beberapa kegiatan, di antaranya renovasi 2 unit IPAL MCK dan pembangunan 1 unit IPAL MCK Umum.

    “Pembangunan dan renovasi IPAL ini bertujuan agar bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar dan menurunkan beban pencemaran. Pembuatan MCK juga dilakukan penambahan sumur bor dan toren air yang seluruhnya telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Ilyas.

    Seusai acara, pada kegiatan ramah tamah dengan jajaran DLHK Aceh bersama Staf Ahli Menteri LHK RI, Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar AP menyarankan agar Tahura Pocut Meurah Intan terus dibenahi, agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

    “Saree adalah salah satu tempat persinggahan para pengguna jalan, baik yang akan menuju Banda Aceh, maupun yang akan meninggalkan Banda Aceh. Jika dibenahi dengan baik, maka masyarakat akan kembali berkunjung ke kawasan ini. Lokasi Tahura ini sangat strategis dan asri,” ujar Iskandar.

    Kepala Dinas LHK Aceh A Hanan, yang saat ini juga menjabat sebagai Pj Wali Kota Lhokseumawe, menjelaskan, dirinya bersama seluruh jajaran terus berupaya membenahi Tahura Pocut Meurah Intan.

    “Sejak dipercaya mengemban amanah sebagai Kepala Dinas LHK, kami berkomitmen untuk melakukan pembenahan, tentu saja dengan dukungan dari jajaran DLHK Aceh. Dan, pembenahan Tahura Pocut Meurah Intan menjadi salah satu fokus kami. Karena Tahura ini sangat strategis tidak hanya bagi pengembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, tetapi yang paling penting tentu saja untuk pendidikan,” kata Hanan.

    Gerakan Menanam Pohon se-Indonesia 

    Gerakan Menanam Pohon Serentak Seluruh Indonesia ini, dilaksanakan di seluruh Indonesia, dan dipimpin secara daring via konferensi video oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, yang mengikuti kegiatan tersebut di lokasi utama, yaitu di Taman Batu Qur’an, Masjid Syech Nawawi Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

    Pada kegiatan tersebut, Wapres juga meluncurkan Tanara Cleap Up. Dalam sambutannya, Wapres mengapresiasi gagasan Tanara Clean Up sebagai gerakan kolaboratif antara Kementerian LHK, Universitas Syekh Nawawi Banten, TNI Angkatan Laut, kalangan swasta, serta segenap komponen masyarakat.

    “Hari ini melalui program Tanara Clean Up, masyarakat diajak untuk ikut membersihkan sungai, mempelajari pengelolaan sampah, membangun ekoriparian agar area sungai lebih bersih dan indah, serta dilakukan pula penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia dari Tanara untuk Indonesia,” ujar Wapres.

    Wapres meyakini, program ekoriparian ini dapat mengubah pola pikir masyarakat agar lebih peduli kepada lingkungan, serta memberi nilai tambah bagi masyarakat melalui aktivitas ekonomi yang tumbuh di sekitarnya. “Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan,” pungkas Wapres. []

    Follow konten ACEHKINI.ID di Google News


    Artikel Terbaru

    Rekapitulasi Suara di Aceh Tamiang Sempat Ricuh, Ketua Bawaslu Korban Pemukulan

    Hari pertama pelaksanaan rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Aceh Tamiang sempat mengalami kericuhan. Ketua...

    FJL Aceh: Banyak Sampah Plastik Internasional di Pantai Balu, Pulo Aceh

    Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh menemukan banyak sampah plastik dari berbagai negara mencemari pantai...

    Tokoh Partai Aceh Hasanuddin Sabon Meninggal Dunia

    Mantan Bendahara Umum Partai Aceh, Tgk Hasanuddin Sabon (54 tahun) meninggal dunia di Rumah...

    Dandhy Laksono Berkisah di Balik Dirty Vote saat Diskusi di AJI Banda Aceh

    Sutradara dokumenter Dirty Vote, Dandhy Laksono berbagi kisah di balik layar film yang telah...

    APBA 2024 Belum Disetujui DPRA, Gubernur Aceh Terbitkan Pergub

    Anggaran Pendapatan dan Balanja Aceh (APBA) 2024 belum mendapatkan persetujuan bersama dari Pemerintah dan...

    More like this

    Rekapitulasi Suara di Aceh Tamiang Sempat Ricuh, Ketua Bawaslu Korban Pemukulan

    Hari pertama pelaksanaan rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Aceh Tamiang sempat mengalami kericuhan. Ketua...

    FJL Aceh: Banyak Sampah Plastik Internasional di Pantai Balu, Pulo Aceh

    Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh menemukan banyak sampah plastik dari berbagai negara mencemari pantai...

    Tokoh Partai Aceh Hasanuddin Sabon Meninggal Dunia

    Mantan Bendahara Umum Partai Aceh, Tgk Hasanuddin Sabon (54 tahun) meninggal dunia di Rumah...