Kamis, September 28, 2023
More
    BerandaNewsLagi, 9 Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar Lulus Kuliah di Universitas...

    Lagi, 9 Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar Lulus Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir

    Published on

    Jumlah santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar yang melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, kembali bertambah. Kali ini, sebanyak 9 santri Dayah Insan Qurani dinyatakan lulus kuliah di Al-Azhar.

    Kesembilan santri Dayah Insan Qurani yang lulus kuliah di Al-Azhar Mesir kali ini adalah Ahmad Zaki Al Fikri, Danda Kiandri, Khalish Hukamah, Muhammad Al Farobi, Muhammad Fidaurrahman, Muhammad Zhilaal, Rifki Ziyad Farhani, Sumayyah binti Heldi Syukriadi, dan Zarvia Li’aunillah.

    Hal ini sebagaimana disampaikan Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ustaz Muzakkir Zulkifli, berdasarkan pengumuman hasil seleksi Universitas Al-Azhar yang dirilis Markaz Syekh Zayed Cabang Indonesia pada 13 Juni 2023. Ia menyampaikan apresiasi yang luar biasa serta ucapan selamat bagi 9 santri yang lulus tersebut.

    Sebelumnya, para peserta seleksi dari seluruh daerah di Indonesia telah mengikuti beberapa tahapan seleksi mulai dari administrasi, tes tulis CBT, hingga Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang diuji langsung oleh tim Kemenag pusat.

    Dari total 3.812 orang pendaftar, hanya 1.577 orang yang dinyatakan lulus tahap akhir dan berhak melanjutkan ke tahap pemberkasan sebelum berangkat ke Mesir.

    “Alhamdulillah, tahun ini 9 santri kita lulus melanjutkan pendidikan ke Mesir, artinya minat belajar santri kita ke luar negeri, khususnya Mesir, persentasenya sangatlah tinggi. Kami mengharapkan anak-anak sekalian bisa membangun disiplin yang kuat, tekad yang teguh, dan semangat dalam mengembangkan kemampuan diri,” ujar Ustaz Muzakkir, Jumat (16/6/2023).

    Lagi, 9 Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar Lulus Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir
    Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar. Foto: Dok. IQ

    “Semua harus ambil Talaqqi di sana. Karena salah satu nilai lebih di Mesir adalah bisa belajar secara langsung dengan para masyaikh kibar level dunia,” tambahnya.

    Muzakkir berharap alumni Dayah Insan Qurani mampu beradaptasi di Mesir dengan bekal ilmu yang diperoleh selama berada di dayah.

    “Harus semangat dalam membaca, pandai-pandai dalam bergaul, pandai-pandai dalam memilih majelis ilmu, bersosial, dan mengatur waktu. Targetnya kalian bisa selesai tepat waktu dan bisa segera mengabdi di kampung halaman,” ujarnya.

    Ia menyebutkan hingga saat ini jumlah alumni Dayah Insan Qurani yang sedang kuliah di negeri Piramida berjumlah 59 orang dan sebanyak 7 orang di antaranya telah menyelesaikan sarjananya tahun lalu.

    “Dengan bertambah 9 orang tahun ini maka total jadi 73 santri Insan Qurani menempuh pendidikan di Al-Azhar Mesir,” kata Muzakkir.

    9 Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar Lanjutkan Pendidikan ke Al Azhar Mesir

    Danda Kiandri, salah satu alumni Insan Qurani yang lulus kuliah di Al-Azhari Mesir tahun ini mengaku bersyukur atas kesempatan yang didapatkannya.

    Ia mengatakan, dirinya akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar dengan giat. Kuliah di Al-Azhar sebagai salah satu kampus Islam tertua di dunia sudah menjadi cita-citanya sejak lama.

    “Dan kesempatan ini Insya Allah akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk belajar bersama masyaikh di sana. Kami pergi sebagai Insan Qurani, dan kembali Insya Allah juga sebagai Insan Qurani. Maka, kami memohon keridhaan semua guru-guru kami di Dayah Insan Qurani dengan harapan segala proses belajar di sana diberkahi dan dimudahkan oleh Allah SWT,” ujarnya. []

    Follow konten ACEHKINI.ID di Google News



    Artikel Terbaru

    Atlet Aceh Muhammad Badri Akbar Sumbang 2 Medali di Asian Games Hangzhou

    Muhammad Badri Akbar, atlet Aceh dari cabang menembak sukses mencatatkan sejarah baru dengan meraih...

    Ini Pesan Gubernur Aceh Saat Melantik Pj Bupati Aceh Selatan

    Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma sebagai...

    More like this

    Atlet Aceh Muhammad Badri Akbar Sumbang 2 Medali di Asian Games Hangzhou

    Muhammad Badri Akbar, atlet Aceh dari cabang menembak sukses mencatatkan sejarah baru dengan meraih...

    Ini Pesan Gubernur Aceh Saat Melantik Pj Bupati Aceh Selatan

    Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma sebagai...

    Pemilihan Agam Inong Aceh 2023 Resmi Dimulai

    Ajang pemilihan agam inong Aceh tahun ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan...