BerandaNewsPSGA UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Gender Champion 2023

PSGA UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Gender Champion 2023

Published on

Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh bekerja sama dengan Duta Gender UIN Ar-Raniry menggelar kegiatan Gender Champion tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry dibuka oleh Rektor Prof Mujiburrahman.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga mendeklarasikan isu kesetaraan gender di lingkungan kampus. “Hal ini mendorong mahasiswa, bahwa isu gender di kampus bukan hanya relevan dalam menciptakan lingkungan yang lebih adil dan inklusif, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi warga global yang sadar akan pentingnya kesetaraan gender dalam masyarakat secara lebih luas,” kata Prof Mujiburrahman dalam siaran pers, Sabtu (30/9/2023).

Ketua PSGA UIN Ar-Raniry, Dr Nashriyah, mengharapkan agar seluruh peserta duta gender dapat menjadi 2P yakni sebagai Pelopor dan Pelapor dari setiap prodi yang ada di kampus dan dapat menciptakan lingkungan kampus yang aman, inklusif dan adil bagi seluruh anggota komunitas kampus, serta mengubah budaya dan kebijakan kampus agar lebih mendukung kesetaraan gender dan hak asasi manusia.

“Keberadaan duta gender di kampus harus dapat berperan sebagai advokat kesetaraan gender dan inklusi untuk membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mendukung bagi individu dengan beragam identitas gender dan seksualitas. Dengan mengedukasi mahasiswa dan staf tentang isu-isu gender,” ujarnya.

Dia berharap, duta gender dapat terus membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman, mengurangi stereotip berbahaya dan menghindari diskriminasi gender.

Nashriyah menyebutkan, peserta berjumlah 52 orang merupakan perwakilan dari setiap program studi (Prodi). Kegiatan ini masih dalam tahap pembekalan berlangsung selama dua hari, 28-29 September 2023, yang dilaksanakan di gedung LP2M UIN Ar-Raniry.

Secara keseluruhan, lanjutnya, rangkaian kegiatan Gender Champion berlangsung mulai dari 28 September 2023 hingga 13 Oktober mendatang. Kegiatan ini dibagi dalam empat tahapan, yaitu pendaftaran/seleksi administrasi, pembekalan, challenge dan penobatan.

Nashriyah menjelaskan, kegiatan ini merupakan acara tahunan PSGA dan Duta Gender yang diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu gender, serta inklusi gender di lingkungan kampus dan membuka dialog mengenai pentingnya kesetaraan gender, pencegahan kekerasan seksual, serta hak-hak individu di lingkungan kampus.

Selain itu, kegiatan ini untuk mengintegrasikan tujuan Sustainable Development Goals atau Pembangunan Berkelanjutan ke-5 yaitu gender equality yang telah disahkan oleh badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ia menambahkan, kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten terhadap isu kesetaraan gender dan anak, antara lain Dr Yuni Roslaili dengan tema mengenal konsep gender dan jenis kelamin perspektif Islam.

Selanjutnya, Dr Rasyidah dengan tema strategi advokasi isu gender dan anak di kalangan pemuda dan mahasiswa. Kemudian Dr Ade Irma dengan tema analisis media terkait Isu gender dan anak, serta sejumlah pemateri lainnya.

Herman, perwakilan duta gender 2022 UIN Ar-Raniry berharap agar di tahun ini duta gender 2023 dapat lebih baik dan dapat melakukan program-program positifnya kepada semua terkait isu kesetaraan gender.

“Harapan kami selaku duta gender 2022, semoga angkatan di tahun ini dapat terus melakukan advokasi untuk perubahan kebijakan di kampus yang mendukung kesetaraan gender dan inklusi, serta menciptakan lingkungan yang lebih inklusif, adil dan berkeadilan gender di kampus juga dapat memengaruhi perubahan dalam budaya dan kebijakan kampus yang mendukung kesetaraan gender,” ujar Herman.[]

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News




Artikel Terbaru

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Aceh PP Mulai 14 Juni

Maskapai Super Air Jet akan membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Aceh pulang pergi (PP) mulai...

Cerita Remaja 18 Tahun di Aceh Gantikan Ayahnya Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Muhammad Syauqi tak pernah membayangkan akan mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah di...

Warga Sumut Meninggal di Subulussalam Tertimpa Pohon Tumbang

Seorang warga Provinsi Sumatra Utara Jumari Limbong (56 tahun) meninggal tertimpa pohon tumbang di...

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2027 dan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia memetik kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0 dalam laga terakhir Grup F...

Gubernur Aceh Sampaikan Rancangan Qanun tentang Pertanggungjawaban APBA 2023

Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)...

More like this

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Aceh PP Mulai 14 Juni

Maskapai Super Air Jet akan membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Aceh pulang pergi (PP) mulai...

Cerita Remaja 18 Tahun di Aceh Gantikan Ayahnya Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Muhammad Syauqi tak pernah membayangkan akan mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah di...

Warga Sumut Meninggal di Subulussalam Tertimpa Pohon Tumbang

Seorang warga Provinsi Sumatra Utara Jumari Limbong (56 tahun) meninggal tertimpa pohon tumbang di...