BerandaNewsPesan Kemenag Aceh ke Jemaah Haji: Fokus Ibadah, Kurangi Belanja dan Jalan-jalan

Pesan Kemenag Aceh ke Jemaah Haji: Fokus Ibadah, Kurangi Belanja dan Jalan-jalan

Published on

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh Azhari selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh mengingatkan jemaah calon haji untuk fokus beribadah dan mengurangi kegiatan di luar rukun dan wajib haji. Jemaah haji juga diingatkan untuk mengurangi aktivitas belanja-belanja dan jalan-jalan.

Hal itu disampaikan Kakanwil Kemenag Aceh Azhari mengingat perubahan suhu udara Aceh dengan Arab Saudi, apalagi pada musim haji ini lumayan panas.

“Fokuslah beribadah kurangi belanja-belanja, dan jalan-jalan agar stamina kita tetap fit dan bisa melaksanakan rukun haji. Terutama jemaah lanjut usia jangan memaksakan diri mengejar amaliah sunah yang dapat memudharatkan, fokus untuk puncak ibadah haji,” kata Azhari, Kamis (25/5/2023).

Menurut Azhari, menjadi jemaah haji merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin dengan melaksanakan ibadah-ibadah.

Ia mengatakan, pelaksanaan ibadah haji sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah agama dan pemenuhan rukun Islam kelima, bukan untuk menaikkan status sosial atau sekadar pamer kesalehan, bukan karena gengsi dan riya.

“Luruskan niat dan fokus pada hal yang substantif selama berhaji. Kemudian menjaga kesehatan, membersihkan jiwa dan menata diri. Selama di Tanah Suci, fokuskan pikiran dan energi untuk melakukan rukun haji dan wajib haji secara khusyuk, dan kami mohon doa bapak ibu semua untuk mendoakan Aceh dan negara kita,” ujarnya.

Mantan Kabid Urais Kanwil Kemenag Aceh itu menambahkan, saat pelaksanaan ibadah haji para jemaah juga diharapkan dapat saling membantu, mengingat tahun ini juga banyak jemaah haji lanjut usia (lansia).

“Wabil khusus jemaah haji kita tahun ini, sebagian jemaah haji merupakan lansia yang membutuhkan bantuan dan keringanan tangan dari yang lebih muda. Sejatinya sebagai jemaah haji dituntut untuk memiliki sikap peduli,” sebutnya.

Selain itu, Azhari juga mendoakan jemaah semoga menjadi haji yang mabrur, sehat dan juga berkah.

“Semoga dimudahkan segalanya sehingga dapat melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji tahun ini. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji mabrur dan maqbul. Aamiin. Aamiin ya Rabb,” ujarnya.

Sekadar diketahui, calon jemaah haji asal Aceh tahun 1444 H/2023 berjumlah 4.343 orang yang terbagi dalam 12 kelompok terbang (Kloter). Kloter 1 dan 2 telah mendarat di Bandar Udara Prince Muhammad bin Abdulaziz (MED) Madinah pada Rabu (24/5) dan Kamis (25/5) kemarin.

Selama di Madinah, jemaah haji akan melaksanakan beberapa kegiatan, seperti salat Arbain, ziarah ke Raudhah, ziarah Makam Rasulullah SAW, Masjid Quba dan juga berziarah ke sejumlah tempat bersejarah lainnya.

Jemaah Haji Aceh Kloter 3 Diberangkatkan ke Madinah

Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kloter tiga (BTJ-03) telah diberangkatkan dari Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ) menuju Madinah pada hari ini, Jumat (26/5) sekitar pukul 04.15 WIB.

Kloter BTJ-03 terdiri dari 152 jemaah laki-laki dan 238 jemaah perempuan. Masing-masing dari Kabupaten Aceh Jaya sebanyak 40 jemaah, Aceh Utara 53 jemaah, Nagan Raya 101 jemaah, dan Aceh Barat 189 jemaah. Mereka didamping lima petugas kloter dan dua Pemandu Haji Daerah.

“Ada satu jemaah dari Aceh Barat yang ditunda keberangkatannya untuk perawatan lebih lanjut. Kalau sudah dinyatakan layak terbang oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) akan diberangkatkan bersama jemaah kloter lain,” kata Azhari.

Ia juga menyebutkan bahwa ada 2 lagi kursi kosong dalam kloter ini. “Totalnya ada 3 seat yang kosong. Satu karena ditunda, dua lagi memang kosong karena jemaah sudah batal berangkat karena sakit di daerah, tidak masuk ke embarkasi,” ujarnya. []

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News




Artikel Terbaru

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Aceh PP Mulai 14 Juni

Maskapai Super Air Jet akan membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Aceh pulang pergi (PP) mulai...

Cerita Remaja 18 Tahun di Aceh Gantikan Ayahnya Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Muhammad Syauqi tak pernah membayangkan akan mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah di...

Warga Sumut Meninggal di Subulussalam Tertimpa Pohon Tumbang

Seorang warga Provinsi Sumatra Utara Jumari Limbong (56 tahun) meninggal tertimpa pohon tumbang di...

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2027 dan Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia memetik kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0 dalam laga terakhir Grup F...

Gubernur Aceh Sampaikan Rancangan Qanun tentang Pertanggungjawaban APBA 2023

Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah menghadiri rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)...

More like this

Super Air Jet Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Aceh PP Mulai 14 Juni

Maskapai Super Air Jet akan membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Aceh pulang pergi (PP) mulai...

Cerita Remaja 18 Tahun di Aceh Gantikan Ayahnya Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini

Muhammad Syauqi tak pernah membayangkan akan mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji ke Baitullah di...

Warga Sumut Meninggal di Subulussalam Tertimpa Pohon Tumbang

Seorang warga Provinsi Sumatra Utara Jumari Limbong (56 tahun) meninggal tertimpa pohon tumbang di...