BerandaNewsKodam IM Gelar Expo Semarak Kemerdekaan, Dibuka Mayjen TNI Novi Helmy

Kodam IM Gelar Expo Semarak Kemerdekaan, Dibuka Mayjen TNI Novi Helmy

Published on

Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya membuka secara resmi Expo Semarak Kemerdekaan RI ke-78 wilayah Kodam Iskandar Muda, Rabu (23/8/2023) malam. Expo tersebut digelar Kodam IM di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, hingga 27 Agustus mendatang.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya dalam sambutannya mengatakan, Expo Semarak Kemerdekaan ini bukan hanya sekadar suatu acara, melainkan juga sebuah wujud nyata dari semangat persatuan dan kesatuan bangsa, yang telah terbina sejak zaman kemerdekaan hingga saat ini.

Pangdam IM menyebutkan bahwa acara ini merupakan perwujudan dari semangat juang dan tekad tanpa batas yang telah mewarnai perjalanan bangsa Indonesia menuju Kemerdekaan RI.

“Expo ini adalah bukti konkret komitmen bersama dalam mendorong inovasi, semangat kebersamaan, dan keberagaman yang menjadi ciri khas kita sebagai sebuah angsa,” ujarnya melalui keterangan tertulis Pendam IM.

Panglima juga menuturkan bahwa pada expo kali ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan beragam pameran di antaranya pameran dari instansi pemerintahan, BUMN/Swasta, pameran alutsista, pameran UMKM, otomotif, bazar kuliner, panggung seni budaya, dan berbagai kegiatan lomba seperti Festival Band, Baca Puisi, Menggambar, Lomba Foto Kemerdekaan dan Lomba Mural Kemerdekaan, yang menggambarkan perjalanan perjuangan serta prestasi bangsa Indonesia.

“Dari generasi ke generasi, semangat kemerdekaan akan terus berkobar dan melalui kegiatan expo ini kita mengingatkan bahwa tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan memajukan negara ini khususnya di wilayah provinsi Aceh merupakan amanah yang harus terus kita jaga,” ujarnya.

“Hal ini juga selaras dengan kondisi perdamaian Aceh yang merupakan berkah sekaligus pintu bagi seluruh rakyat Aceh untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Kodam Iskandar Muda akan selalu berdampingan dengan jajaran Forkopimda serta komponen bangsa lainnya untuk menggalang spirit kebersamaan, sebagai upaya menciptakan Aceh yang damai, aman, nyaman serta sejahtera,” kata Pangdam IM.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengungkapkan bahwa selama beberapa hari ke depan, pengunjung expo akan menjadi saksi dari berbagai pencapaian, bakat, dan usaha kreatif yang menggambarkan kekuatan serta potensi luar biasa dari masyarakat. “Melalui kegiatan ini, kita memperlihatkan bahwa provinsi Aceh adalah tempat yang penuh dengan potensi, yang senantiasa bergerak maju dan menginspirasi,” sebutnya.

Pangdam IM mengajak seluruh elemen masyarakat yang hadir untuk turut ambil bagian dalam berbagai kegiatan yang telah disiapkan dalam rangka Expo Semarak Kemerdekaan ini.

“Mari bersama-sama memperkuat rasa nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat gotong-royong dalam rangka membangun indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut Pangdam IM, expo ini dapat dimanfaatkan untuk merayakan sejarah, merayakan kemajuan, dan merayakan cita-cita kita untuk masa depan yang lebih gemilang. “Bersama, mari kita terus membangun indonesia yang lebih kuat, sejahtera, dan penuh harapan, yang dapat kita wariskan dengan bangga kepada generasi mendatang,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada para Pahlawan Nasional dari Aceh yaitu Sultan Iskandar Muda, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Cut Meutia, dan Malahayati, yang diterima oleh keluarga para Pahlawan Nasional tersebut. Pangdam IM juga berkesempatan memberikan santunan kepada 100 anak yatim.

Selain Expo Semarak Kemerdekaan tersebut, Kodam IM sebelumnya juga menggelar beberapa event kejuaraan olahraga di antaranya Kejuaraan Basket, Ketangkasan Golf dan Kejuaraan Tenis Lapangan. Sementara itu Kejuaraan IMTA (Iskandar Muda Trail Adventure) akan dilaksanakan pada 26 Agustus 2023.[]

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News


Artikel Terbaru

Foto: Meriah Pawai Muharram di Banda Aceh

Pemerintah Aceh menggelar pawai Muharram untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Ratusan siswa...

Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Aceh Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD)...

Lepas Pawai Muharram 1446 H, Pj Gubernur Aceh: Momentum Memperkuat Ukhuwah

Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah bersama istri melepas musabaqah pawai Muharram dalam rangka memperingati...

Tiga Tersangka Kasus Narkoba di Lhokseumawe Ditangkap, Belasan Paket Sabu-Sabu Disita

Kepolisian Sektor Banda Sakti menangkap tiga tersangka penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu. Operasi yang dipimpin...

Tiga Penjual Orang Utan di Aceh Tamiang Ditangkap

Tiga terduga penjual satwa lindung orang utan ditangkap polisi di Desa Bundar, Kecamatan Karang...

More like this

Foto: Meriah Pawai Muharram di Banda Aceh

Pemerintah Aceh menggelar pawai Muharram untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Ratusan siswa...

Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Aceh Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD)...

Lepas Pawai Muharram 1446 H, Pj Gubernur Aceh: Momentum Memperkuat Ukhuwah

Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah bersama istri melepas musabaqah pawai Muharram dalam rangka memperingati...