BerandaNewsKilasKemenag Aceh Terima Penghargaan Moderasi Beragama

Kemenag Aceh Terima Penghargaan Moderasi Beragama

Published on

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan (Litbang dan Diklat) memberikan penghargaan Moderasi Beragama Award 2023 kepada sejumlah pihak, mulai dari kanwil kemenag provinsi, perguruan tinggi keagamaan negeri, perguruan tinggi negeri, hingga duta besar negara sahabat. Salah satunya diberikan kepada Kanwil Kemenag Aceh.

Penghargaan Moderasi Beragama Award 2023 diberikan pada Cultural Night atau Malam Kebudayaan Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika Amerika Latin (KMBAAA) di Bandung, 20-22 Desember 2023. Kemenag Aceh dianugerahi penghargaan sebagai Kanwil Kemenag dengan indeks penerimaan umat beragama terhadap keragaman budaya tertinggi.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan (Litbang dan Diklat) Kemenag RI, Prof Suyitno, kepada Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Azhari, pada Rabu (20/12/2023).

“Alhamdulillah kita mendapat penghargaan sebagai Kanwil Kemenag dengan indeks penerimaan umat beragama terhadap keragaman budaya tertinggi. Ini semua hasil kerja sama semua pihak, baik keluarga besar Kanwil, Kantor Kemenag di kabupaten dan kota, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan segenap lapisan masyarakat Aceh,” ujar Azhari dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, penghargaan ini tidak terlepas dari kerja sama lintas sektoral yang terjalin selama ini.

“Kami selaku pimpinan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam mewujudkan kerukunan, kedamaian, kenyamanan, dan saling menghargai satu sama lain, sehingga harapan kita semua dapat terwujud,” ujarnya.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Prof Suyitno, mengatakan bahwa penghargaan Moderasi Beragama Award ini diberikan atas hasil penilaian dan telaah tim yang dibentuk Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama atas kinerja selama 2023.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan semua pihak dalam penguatan moderasi beragama. Menurutnya, pengumuman dan pemberian Moderasi Beragama Award sengaja dilakukan pada momen KMBAAA di Bandung untuk mengambil inspirasi dari semangat Konferensi Asia Afrika 1955.

“Di Gedung Merdeka Bandung, kita diingatkan kembali peristiwa 1955 dengan semangat Asia Afrika agar semangat Dasasila Bandung menjadi inspirasi dalam membangun perdamaian dunia dengan lebih mengedepankan isu kemanusiaan,” ujarnya.

“Malam kebudayaan menjadi wahana bagaimana budaya digunakan sebagai sebuah kebijakan menjunjung tinggi nilai budaya agar menjadi titik temu dalam membangun sisi-sisi kemanusiaan,” tutup Suyitno.

Berikut daftar lengkap penerima Moderasi Beragama Award 2023:
1. Kanwil Kemenag Nusa Tenggara Timur sebagai Kanwil Kemenag dengan Indeks Kerukunan Umat Beragama Tertinggi tahun 2023.
2. Kanwil Kemenag Bali sebagai Kanwil Kemenag dengan Indeks Penerimaan Umat Beragama terhadap Keragaman Budaya Tertinggi tahun 2023
3. Kanwil Kemenag Jawa Tengah sebagai Kanwil Kemenag dengan Pelatihan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama Terbanyak
4. Kanwil Kemenag Aceh sebagai Kanwil Kemenag dengan Indeks Penerimaan Umat Beragama terhadap Keragaman Budaya Tertinggi.
5. Kanwil Kemenag Jawa Timur sebagai Kanwil Kemenag yang Paling Aktif Berpartisipasi dalam Pengembangan SDM Kementerian Agama
6. Kedutaan Besar Australia sebagai Kedutaan Besar Asing Paling Berkontribusi dalam Pengembangan SDM Kementerian Agama
7. Kedutaan Besar Mesir sebagai Kedutaan Besar Asing Pendukung Program Penguatan Moderasi Beragama
8. Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri Perintis Program Penguatan Moderasi Beragama
9. Universitas Gajah Mada sebagai Perguruan Tinggi Negeri Perintis Program Penguatan Moderasi Beragama
10. UIN Raden Intan Lampung sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Paling Responsif dalam Penguatan Moderasi Beragama
11. IAIN Ambon sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Paling Inovatif dalam Penguatan Moderasi Beragama
12. Kementerian Keuangan sebagai Kementerian Paling Suportif dalam Penguatan Moderasi Beragama
13. Kementerian Luar Negeri sebagai Kementerian Paling Aktif Mempromosikan Moderasi Beragama sebagai Diplomasi Publik.[]

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News


Artikel Terbaru

Foto: Meriah Pawai Muharram di Banda Aceh

Pemerintah Aceh menggelar pawai Muharram untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Ratusan siswa...

Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Aceh Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD)...

Lepas Pawai Muharram 1446 H, Pj Gubernur Aceh: Momentum Memperkuat Ukhuwah

Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah bersama istri melepas musabaqah pawai Muharram dalam rangka memperingati...

Tiga Tersangka Kasus Narkoba di Lhokseumawe Ditangkap, Belasan Paket Sabu-Sabu Disita

Kepolisian Sektor Banda Sakti menangkap tiga tersangka penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu. Operasi yang dipimpin...

Tiga Penjual Orang Utan di Aceh Tamiang Ditangkap

Tiga terduga penjual satwa lindung orang utan ditangkap polisi di Desa Bundar, Kecamatan Karang...

More like this

Foto: Meriah Pawai Muharram di Banda Aceh

Pemerintah Aceh menggelar pawai Muharram untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah. Ratusan siswa...

Hari Bhakti Adhyaksa, Kejati Aceh Gelar Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dan Hari Ulang Tahun Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD)...

Lepas Pawai Muharram 1446 H, Pj Gubernur Aceh: Momentum Memperkuat Ukhuwah

Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah bersama istri melepas musabaqah pawai Muharram dalam rangka memperingati...