Jumat, Juni 9, 2023
More
    BerandaNewsDayah Insan Qurani Aceh Besar Wisuda 99 Santri, 38 Orang Hafal Al-Qur’an...

    Dayah Insan Qurani Aceh Besar Wisuda 99 Santri, 38 Orang Hafal Al-Qur’an 30 Juz

    Published on

    Dayah Insan Qurani YPUQ Aneuk Batee, Kabupaten Aceh Besar, menggelar haflah takhrij (wisuda) bagi 99 santri yang dinyatakan lulus pada tahun pelajaran 2022/2023 atau angkatan ke-7. Prosesi wisuda santri Dayah IQ tersebut digelar di Gedung UCC K.H Ahmad Dahlan, Banda Aceh, Sabtu (20/5/2023).

    Selain prosesi wisuda santri kelas akhir, pada kesempatan tersebut juga diserahkan syahadah atau ijazah kepada 38 santri Dayah Insan Qurani yang telah berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Qur’an.

    Kegiatan wisuda yang dihadiri Kakanwil Kemenag Aceh Azhari, para santri dan orang tua/wali santri serta tamu undangan tersebut seketika hening saat para penghafal Al-Qur’an memasangkan mahkota kepada orang tua mereka.

    Kakanwil Kemenag Aceh Azhari mengapresiasi kiprah Dayah Insan Qurani (IQ) yang telah mengharumkan nama daerah di berbagai ajang nasional. Menurut Azhari, IQ termasuk dayah yang aktif menyumbangkan prestasi untuk Aceh di berbagai event.

    “Terima kasih, selama ini Dayah Insan Qurani telah menoreh banyak prestasi. Saya menyaksikan sendiri, saat melihat para juara di MTQ pasti banyak di antara para juara tersebut adalah pelajar di Dayah Insan Qurani,” ujarnya.

    Khusus untuk wisudawan IQ, ia berpesan agar para wisudawan terus mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan dengan belajar di lembaga pendidikan tinggi.

    “Untuk anak-anak kami para santri yang diwisuda hari ini, selamat, kalian telah lulus satu babak, jangan berhenti, jangan santai, teruskan gaskan untuk babak berikutnya. kami berharap kepada santriwan dan santriwati yang baru saja selesai di wisuda untuk segera merancang program pendidikan selanjutnya, santri harus jadi pelopor teladan dan akhlakul karimah di masa yang akan datang,” kata Azhari.

    Ia juga ikut mengenang almarhum Ustaz Amin Chuzaini yang merupakan salah satu penggagas sekaligus pendiri Dayah Insan Qurani. Ustaz Amin Chuzaini sendiri merupakan sosok penting dalam melahirkan ribuan huffaz di Aceh dari sejumlah pondok pesantren yang ia gagas.

    “Di sini saya mengenang guru sekaligus sahabat kami, almarhum Ustad Amin Chuzaini yang telah menggagas, membangun Dayah Insan Qurani bersama Ustaz Muzakkir. Mari kita haturkan Alfatihah untuk almarhum,” ujarnya.

    Pimpinan Dayah Insan Qurani Ustaz Muzakkir Zulkifli dalam sambutannya mengatakan, saat ini IQ telah melahirkan ratusan penghafal Al-Qur-an sejak tahun pertama, begitu juga alumni kini belajar di berbagai universitas dalam dan luar negeri.

    “Kami berpesan kepada anak-anak untuk terus menimba ilmu dan terus mengamalkan ilmu yang telah didapatkan dan ingat al adab fauqal ilmi,” ujarnya.

    Ia juga mengatakan kejujuran dan kesabaran adalah kunci kesuksesan. “Kita mendidik kalian ini untuk umat. Seberapa pun kemampuan yang dimiliki, berikan kontribusinya untuk umat. Ambil peran untuk bermanfaat bagi umat. Prinsip yang kita pegang: event the best it can be improved. Atau istilah Al Muhafadhatu a’lal qadimis shalih wal akhzu bil jadidil ashlah (Melestarikan tradisi lama yang baik, dan mengambil hal baru yang lebih baik),” ucap Muzakkir.

    Sementara itu, T Mardhatillah dalam sambutannya mewakili wali santri mengapresiasi pimpinan dayah dan seluruh guru yang telah dengan tulus ikhlas tanpa kenal lelah mengajar dan membimbing para santri.

    “Di mana 38 orang berhasil mendapatkan sertifikat hafiz/hafizah 30 juz. Jumlah 38 ini menjadi yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

    Mardhatillah juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tingkah laku dan perkataan para santri yang mungkin telah menyakiti para asatiz selama belajar di Dayah Insan Qurani.

    “Mohon diikhlaskan dan mohon doa restu agar anak-anak kami lempang dalam melanjutkan perjuangannya di masa yang akan datang,” ujarnya. []

    Follow konten ACEHKINI.ID di Google News

    Artikel Terbaru

    Jemaah Haji Aceh yang Meninggal Dunia di Tanah Suci Bertambah Jadi 2 Orang

    Innalillaahi wainna ilaihi raji'un. Seorang jemaah haji Aceh asal Kabupaten Bireuen, Marzuki bin Husen...

    DPR Aceh Minta Pemerintah Pusat Segera Bangun Venue PON 2024 Pakai APBN

    Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA) Aceh masih berkomitmen untuk menolak Aceh menjadi tuan rumah Pekan...

    More like this

    Jemaah Haji Aceh yang Meninggal Dunia di Tanah Suci Bertambah Jadi 2 Orang

    Innalillaahi wainna ilaihi raji'un. Seorang jemaah haji Aceh asal Kabupaten Bireuen, Marzuki bin Husen...

    DPR Aceh Minta Pemerintah Pusat Segera Bangun Venue PON 2024 Pakai APBN

    Dewan Perwakilan Rakyat (DPRA) Aceh masih berkomitmen untuk menolak Aceh menjadi tuan rumah Pekan...

    Sidak RSUDZA, DPRA dan Sekda Aceh Dapati Dokter Piket Bolos

    Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Bustami melakukan...