BerandaNews5 Babinsa, Danramil, dan Dandim Terbaik di Aceh Raih Sanggamara Award Kodam...

5 Babinsa, Danramil, dan Dandim Terbaik di Aceh Raih Sanggamara Award Kodam IM

Published on

Lima Bintara Pembina Desa (Babinsa), satu Komandan Rayon Militer (Danramil), dan satu Komandan Distrik Militer (Dandim) terbaik di Aceh meraih anugerah Sanggamara Award yang digelar Komando Daerah Militer Iskandar Muda. Anugerah Sanggamara Award ini diserahkan pada kegiatan malam syukuran yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 TNI di Kodam IM.

Acara syukuran tersebut dipimpin oleh Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya di lapangan Sanggamara Makodam IM, Kota Banda Aceh, Sabtu (7/10/23) malam. Selain syukuran, juga digelar anugerah Sanggamara Award untuk satuan jajaran dan Babinsa terbaik di jajaran Kodam IM, Aceh.

Pangdam IM mengatakan, peringatan HUT ke-78 Tentara Nasional Indonesia di seluruh wilayah Kodam Iskandar Muda diisi dengan berbagai kegiatan. Di antaranya, bakti kesehatan meliputi donor darah, operasi katarak, sunatan massal, doa bersama, ziarah nasional ke taman makam pahlawan, olahraga bersama yang melibatkan TNI, Polri, dan Forkopimda, pameran alutsista, parade dan defile, pagelaran wayang kulit dan malam syukuran HUT ke-78 TNI.

“Kodam Iskandar Muda akan terus berkontribusi terhadap kedamaian dan kesejahteraan masyarakat. TNI akan terus memberikan pengabdian terbaiknya dan bergandengan tangan dengan seluruh unsur Forkopimda dan seluruh stakeholder untuk kemajuan, kedamaian dan keberlanjutan pembangunan nasional,” ujar Pangdam IM dalam keterangan tertulis, Ahad (8/10/2023).

Pangdam IM menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat dan seluruh unsur Forkopimda Aceh yang telah turut serta membantu Tentara Nasional Indonesia dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di provinsi Aceh.

Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya mengajak semua komponen bangsa agar terus bersatu, bekerja keras dan bersama-sama menghadapi berbagai tantangan yang ada di depan. “Semoga semangat kebersamaan yang terpancar hari ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berjuang demi provinsi Aceh yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam acara syukuran tersebut juga diumumkan penganugerahan Dandim, Danramil dan Babinsa yang meraih Sanggamara Award Kodam IM. Kategori Kodim terbaik dianugerahkan kepada Kodim 0101/KBA dengan Komandan Kodimnya adalah Kolonel Inf Andy Bagus Diyan yang mengungguli 18 Kodim lainnya di seluruh wilayah Kodam Iskandar Muda dan memperoleh trofi bergilir serta piagam penghargaan.

Kemudian terpilih satu Koramil Terbaik yaitu Koramil 12/Sakti Kodim 0102/Pidie atas nama Kapten Inf Yunus Emha, S.Pd., S.H, dan memperoleh tropi serta piagam penghargaan serta dana pembinaan.

Sementara 5 Babinsa terbaik yang terpilih yaitu untuk Wilayah Korem 011/LW dua orang di antaranya Sertu Darliyanto Babinsa Koramil 23 Langsa Timur Kodim 0104/Atim dengan program kegiatan budidaya dan pelatihan ikan lele sistem bioflok, dan Koptu Ismail Babinsa Koramil 02 Karang baru Kodim 0117/Aceh Tamiang dengan program kegiatan sosial kemasyarakatan tanpa pamrih membangun kamar jamban dan membantu masyarakat yang kurang mampu.

Berikutnya Babinsa Wilayah Korem 012/TU dua orang di antaranya Koptu Sugianto Babinsa Koramil 06 Teunom Kodim 0114/Ajaya dengan program kegiatan pengawas lahan I’M Jagong ASN di Desa Pasi Timon, Kabupaten Aceh Jaya, dan Koptu Hendra Kelana Babinsa Koramil 04 Susoh Kodim 0110/Abdya dengan program kegiatan pelatihan mekanik untuk anak putus sekolah. Selanjutnya dari Kodim 0101/KBA yaitu Serda Hazami Koramil 03 Lhoknga Kodim 0101/KBA dengan program kegiatan mengajar ilmu agama Islam kepada masyarakat.

Kelima orang Babinsa tersebut memperoleh hadiah berupa trofi dan piagam penghargaan serta hadiah utama dari Pangdam IM berupa paket umrah untuk pasangan suami istri.

Selain itu diumumkan juga pemenang lomba foto kategori umum dan militer serta lomba video kategori militer. Untuk lomba foto kategori Militer juara pertama diraih Praka M. Zubir dari Yonif 112/DJ, disusul posisi kedua Serma Wahyudi dari Kodim 0118/Subulussalam dan pada urutan ketiga Serka (K) Hardiyanti Aminah Marpaung dari Pendam IM.

Sementara itu untuk pemenang lomba foto kategori umum, juara pertama diraih Riza Azhari, disusul posisi kedua Hendri dan pada urutan ketiga Sudarman.

Adapun untuk pemenang lomba video kategori Militer, juara pertama diraih oleh Sertu Heri Purwanto dari Kodim Abdya, disusul pada urutan kedua Praka Sandi Yosanto dari Pendam IM, dan posisi ketiga diraih Sertu Kusdiyono dari Kodim 0104/Aceh Timur. Masing-masing para juara memperoleh piagam penghargaan, trofi dan uang pembinaan.

Kegiatan malam syukuran ini turut dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Gita Handayani yang merupakan peraih golden buzzer Indonesia Got Talent (IGT) tahun 2023. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari Koptu Hardius Babinsa Koramil 08 Gandapura Kodim 0111/Bireuen yang mampu menguasai sembilan bahasa asing.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolda Aceh dan Forkopimda Aceh, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda beserta pengurus, Kasdam IM, Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, prajurit dan PNS Kodam IM serta para tamu undangan.[]

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News



Artikel Terbaru

Jemaah Haji Aceh yang Wafat di Tanah Suci Jadi 15 Orang

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Husaini Bukhari (49 tahun), seorang jemaah haji asal Aceh...

58 Koleksi Kain Tradisional Dipamerkan di Museum Aceh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Museum Aceh menggelar pameran koleksi wastra (kain...

Operasi Patuh Seulawah, Polda Aceh Sasar 7 Pelanggaran Lalu Lintas

Kepolisian Daerah Aceh bakal menggelar Operasi Patuh Seulawah 2024 sepanjang dua pekan ini: 15-28...

Sekda Aceh Tinjau Venue PON XXI di Sabang

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Azwardi, meninjau pengerjaan venue Pekan Olahraga Nasional (PON)...

Nanang Indra Bakti Disambut Kalung Bunga di Polres Aceh Utara

Nanang Indra Bakti kini resmi menjabat Kepala Kepolisian Resor Aceh Utara. Berpangkat Ajun Komisaris...

More like this

Jemaah Haji Aceh yang Wafat di Tanah Suci Jadi 15 Orang

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Husaini Bukhari (49 tahun), seorang jemaah haji asal Aceh...

58 Koleksi Kain Tradisional Dipamerkan di Museum Aceh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Museum Aceh menggelar pameran koleksi wastra (kain...

Operasi Patuh Seulawah, Polda Aceh Sasar 7 Pelanggaran Lalu Lintas

Kepolisian Daerah Aceh bakal menggelar Operasi Patuh Seulawah 2024 sepanjang dua pekan ini: 15-28...