BerandaNews1.956 Camaba Lulus UMPTKIN di UIN Ar-Raniry, PMB Lokal Dibuka hingga 10...

1.956 Camaba Lulus UMPTKIN di UIN Ar-Raniry, PMB Lokal Dibuka hingga 10 Juli

Published on

Sebanyak 1.956 calon mahasiswa baru (camaba) yang mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UMPTKIN) tahun 2024 dinyatakan lulus di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry. Namun, bagi yang belum lulus, UIN Ar-Raniry masih membuka satu jalur terakhir, yakni PMB Lokal.

Rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman, mengatakan 1.956 calon mahasiswa tersebut akan mengisi formasi pada 28 program studi yang dikelola Kementerian Agama (Kemenag) RI. Pengumuman hasil seleksi UMPTKIN ini diumumkan pada Senin, 8 Juli 2024, pukul 15.00 WIB melalui laman resmi https://pengumuman-um.ptkin.ac.id/.

Mujib mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa baru (camaba) UIN Ar-Raniry yang telah berhasil lulus dengan nilai terbaik pada program studi pilihan masing-masing. “Kami mengingatkan untuk segera mendaftar ulang serta melakukan langkah-langkah selanjutnya agar tidak gagal di tengah jalan,” ujarnya.

Namun, bagi peserta yang belum lulus pada seleksi sebelumnya, UIN Ar-Raniry membuka kesempatan terakhir melalui jalur PMB Lokal. Jalur ini sama dengan jalur tes lainnya, dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sama dan tanpa uang pangkal.

“UIN Ar-Raniry membuka jalur PMB Lokal, jalur ini sama dengan jalur masuk lainnya di kampus UIN Ar-Raniry. Tidak dipungut biaya selain pendaftaran resmi via bank dan tidak ada uang pangkal. Ini perlu kami luruskan karena panitia telah beberapa kali menerima pengaduan terkait hal tersebut,” kata Mujiburrahman.

Prof Mujib menyampaikan bahwa dengan pembukaan jalur PMB Lokal ini, diharapkan semakin banyak calon mahasiswa yang dapat bergabung dengan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan membentuk generasi muda yang berdaya saing tinggi. Melalui berbagai jalur seleksi yang kami tawarkan, kami berharap dapat menjaring mahasiswa dengan berbagai latar belakang prestasi dan kemampuan akademik,” ujarnya.

Rektor UIN Ar-Raniry juga menekankan pentingnya memberikan akses pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. “Dengan adanya jalur Mandiri Prestasi dan Mandiri Portofolio, kami ingin memastikan bahwa kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi terbuka luas bagi mereka yang berprestasi dan memiliki potensi besar.”

Mujiburrahman kembali menegaskan bahwa seluruh mahasiswa yang dinyatakan lulus di UIN Ar-Raniry dari semua jalur, biaya kuliahnya sama. Untuk jalur PMB Lokal, tidak ada perbedaan dengan jalur lainnya di UIN Ar-Raniry dan tidak ada uang pangkal. UKT dimulai dari yang terendah sebesar 400 ribu rupiah. Informasi besaran UKT masing-masing program studi (Prodi) dan pengelompokannya dapat diakses di situs Admisi UIN Ar-Raniry.

“Biaya kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tidak dibedakan berdasarkan jalur masuk, tetapi berdasarkan kemampuan orang tua atau si pembiaya kuliah melalui UKT,” ujarnya.

Ketua Admisi UIN Ar-Raniry, Muammar Yulian, mengatakan bahwa PMB Lokal UIN Ar-Raniry merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh panitia lokal UIN Ar-Raniry. Calon mahasiswa baru memiliki kesempatan untuk mendaftar di 45 program studi yang tersedia.

“PMB Lokal UIN Ar-Raniry terbagi menjadi tiga jalur seleksi. Ketiga jalur tersebut adalah Mandiri Portofolio, Mandiri Prestasi, dan Ujian PMB Lokal,” ujar Muammar.

Ia menjelaskan, Mandiri Portofolio adalah jalur seleksi berdasarkan nilai SSE-UMPTKIN dan/atau UTBK-SNBT. Sementara itu, Mandiri Prestasi ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi tertentu. Adapun Ujian PMB Lokal merupakan jalur seleksi yang menggunakan tes ujian masuk.

Muammar menambahkan, dengan adanya berbagai jalur seleksi ini, diharapkan calon mahasiswa dapat memilih jalur yang paling sesuai dengan kemampuan dan prestasi mereka. “Kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Berikut jadwal pendaftaran untuk masing-masing jalur:
– Mandiri Prestasi: 19 Juni hingga 9 Juli 2024
– Mandiri Portofolio UTBK: 19 Juni sampai 10 Juli 2024
– Mandiri Portofolio UMPTKIN: 19 Juni hingga 10 Juli 2024
– PMB Tes SSE: 3 Juni sampai 13 Juli 2024

Untuk diketahui, tahun ini UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan kuota sebesar 7.175 orang untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui lima jalur, yaitu SNBP, UTBK-SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri atau PMB Lokal. Rinciannya, 40 persen kuota untuk jalur SNBP dan SPAN-PTKIN, 40 persen untuk SNBT dan UM-PTKIN, serta 20 persen untuk jalur Seleksi Mandiri.[]

Follow konten ACEHKINI.ID di Google News



Artikel Terbaru

Pj Sekda Azwardi Serahkan Piala Juara Umum POPDA XVII untuk Kota Banda Aceh

Kontingen Kota Banda Aceh keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Aceh...

Kakanwil Kemenag Aceh: Asuransi Jiwa Ditransfer Langsung ke Rekening Jemaah Haji

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Azhari, mengatakan bahwa klaim asuransi jiwa...

Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Tanah Suci Bertambah Lagi Jadi 13 Orang

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Seorang jemaah haji asal Aceh kembali dilaporkan meninggal dunia...

Pengemis di Aceh Curi Tas Berisi Rp16,9 Juta, Uang Dipakai untuk Bayar Utang

Pengemis di Aceh berinisial EL (43 tahun) diduga mencuri tas berisi Rp16,9 juta. Uang...

Ratusan Jemaah Haji Kloter Dua Aceh Tiba di Tanah Air

Sebanyak 388 jemaah haji Aceh yang tergabung kelompok terbang (kloter) kedua tiba dengan selamat...

More like this

Pj Sekda Azwardi Serahkan Piala Juara Umum POPDA XVII untuk Kota Banda Aceh

Kontingen Kota Banda Aceh keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Aceh...

Kakanwil Kemenag Aceh: Asuransi Jiwa Ditransfer Langsung ke Rekening Jemaah Haji

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Aceh, Azhari, mengatakan bahwa klaim asuransi jiwa...

Jemaah Haji Asal Aceh Meninggal di Tanah Suci Bertambah Lagi Jadi 13 Orang

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Seorang jemaah haji asal Aceh kembali dilaporkan meninggal dunia...